Resep Homemade-Martabak Manis Aneka Toping






https://scontent.cdninstagram.com/hphotos-xfa1/t51.2885-15/s320x320/e15/11325488_1596854087237707_550117255_n.jpg

 Martabak manis atau sebagian orang menyebutnya Kue Terang Bulan merupakan jajanan berupa adonan kue yang rasanya manis dimasak menggunakan loyang bulat serta diisi dengan berbagai jenis rasa yang disenangi, biasanya keju, cokelat, dan ketan hitam ataupun selai beraneka rasa tetapi, baru-baru ini tidak sedikit martabak dengan inovasi isian atau topping berupa coklat silverqueen atau toblerone, selai contohnya nutella atau juga ovomaltine, bahkan menggunakan bahan seperti coklat butir m&m, marshmallow, serta bahan yang unik lainnya yang membikin martabak menjadi semakin bervariatif serta menarik. Bentuk martabak yang lembut, juicy serta renyah dibagian samping membuat martabak sebagai makanan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia tapi terkadang porsinya yang besar menjadi masalah saat dimakan sendiri sehingga tercipta pula martabak kecil yang porsinya lebih mini. Supaya dapat berkreasi sendiri serta membikin aneka martabak warna warni yang enak. Kali ini kami akan membagikan resep martabak manis bermacam rasa yang gampang dibuat di rumah juga tentu saja lezat.

Resep Martabak Manis

125 gr tepung terigu
200 ml susu cair UHT
15 gr gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 buah kuning telur
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh soda kue yang sudah dilarutkan dengan 1 sendok makan air
Gula pasir secukupnya sesuai selera
Margarin Secukupnya sesuai selera
Bahan isian dan topping (pilih sesuai dengan selera, dapat juga di mix and match)
  • Glitter Sugar (dapat dibuat dengan cara gula yang telah diberi pewarna dipanaskan dengan oven sampai kering tetapi tidak gosong)
  • Coklat batang kemasan yang bermerek contohnya Toblerone, Silverqueen atau lainnya (dapat dicairkan atau dipotong-potong sesuai dengan selera)
  • Coklat butir warna warni seperti chacha, m&m dan lainnya
  • Keju yang telah diparut
  • Marshmallow
  • Selai (Jam) buah seperti strawberry, blueberry, dan pineapple ataupun lainnya
  • Selai coklat contohnya nutella,  dan ovomaltine atau lainnya
  • Kacang mete dan kacang almond juga kacang lainnya yang sudah dipanggang serta dicincang
  • Ketan hitam yang sudah dikukus
  • Buah durian dan di buang bijinya
  • Potongan buah seperti strawberry, dan nanas atau juga kiwi
  • Bubuk greentea
  • Perisa pandan

Cara membuat Martabak Manis

1. Ayak terigu serta baking powder. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai semua bahan jadi larut. Tuangkan susu. Aduk rata sampai semua bahan tercampur.
3. Masukkan campuran terigu serta baking powder. Kocok rata hingga jadi lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Jika masih ada dapat disaring. Diamkan terlebih dahulu kurang lebih 90 menit.
4. Panaskan loyang martabak hingga panasnya merata, lalu oles margarin tipis. Bila telah panas, kecilkan api. Diamkan sekitar 10 menit supaya panasnya stabil juga merata.
5. Tambahkan 1/4 sdt soda kue yang dilarutkan dengang 1 sdm air. Aduk cepat sampai merata. Kemudian tuang ke loyang yang telah panas. Diamkan hingga muncul gelembung serta berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang serta biarkan hingga matang
6. Kemudian cek kematangan martabak ditandai dengan permukaan martabak yang telah tidak cair lagi, angkat kemudian oleskan margarin
7. Beri isian sesuai dengan selera. Beri susu kental manis. Belah menjadi dua bagian,  dan tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya menggunakan  margarin. Potong-potong. Hidangkan selagi hangat.
Keterangan : Resep Martabak manis ini dapat pula buat Resep Martabak Mini, yang membedakan adalah loyang yang digunakan untuk martabak mini adalah loyang untuk kue lumpur.
Latest
Previous
Next Post »